Pesona Alam dan Budaya di Festival Bahari Togean 2011


Selesai menggelar acara Pekan Budaya dan Pariwisata, Sulawesi Tengah (Sulteng) punya hajatan yang tak kalah menarik bertajuk Festival Bahari Togean. festival yang akan dihelat mulai 23 - 27 Juli 2011 ini akan memadukan keindahan alam darat maupun bawah airnya dengan keunikan ragam budaya masyarakat bahari.
Festival Togean merupakan ajang tahunan yang digelar Pemkab Tojo-Unauna, festival ini berisi berbagai kegiatan seni-budaya, olahraga tradisional, dan atraksi lainnya. Ada satu tradisi masyarakat suku Bajo yang akan di pertunjukkan pada festival ini adalah dive tradisional. dalam menyelam si penyelam tidak menggunakan alat bantu pernapasan, penyelam dalam dive tradisional ini mampu bertahan di dalam air lebih dari satu jam.
Festival ini juga merupakan salah satu rangkaian acara dalam persiapan pelaksanaan even bahari akbar di Sulteng bernama Sail Tomini 2012. Pesertanya festival yang sudah di gelar sejak 2008 ini berasal dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sulteng, juga akan diikuti oleh perwakilan asal provinsi tetangga. Kepulauan Togean merupakan wilayah kepuluan yang masuk dalam Kabupaten Tojo Unauna. Keindahan alam membuat kawasan ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit terutama mereka yang menyenangi olahraga menyelam. Tidak hanya terkenal di dalam negeri, nama Togean juga terkenal di kalangan wisatawan internasional.
Pemandangan alam, keindahan pantai, keindahan bawah laut, flora dan fauna langka, di tunjang dengan kearifan lokal penduduk asli dengan segala keunikan budayasemakin menguatkan kawasan ini sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia.
Keunikan-keunikan tersebutlah yang akan menjadi daya tarik dalam festival ini, jadi wisatawan yang mengunjungi togean tidak hanya melihat alam saja tetapi juga kekhasan budaya masayarakat bahari disini bisa diliat "Akan ada parade perahu tradisional, pertunjukkan kesenian juga menampilkan kearifan budaya lokal masyarakat setempat," ungkap Suaib Djafar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah.
Untuk mencapai Kepulauan Togean yang berada di tengah Teluk Tomini, wisatawan dapat melalui beberapa pintu masuk, antara lain Kota Palu kemudian menuju Ampana meliwati jalan darat 350 km, atau Luwuk (ibu kota Kabupaten Banggai yang berada di timur Provinsi Sulteng), dan Gorontalo dengan menggunakan pesawat udara. Dari kota-kota tersebut perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang laut menuju Wakai, kota kecamatan di Kepulauan Togean.

1 komentar:

OM ALAN mengatakan...

KIYAPA KITA TE ADA KITA MANARI DI FOTO ITU?